Rabu, 03 Oktober 2012

Perkembangan Internet dan New Media

  Dalam post kali ini saya akan menjelaskan tentang perkembangan Internet dan New Media yang tentunya sudah menjadi hal yang sangat akrab di telinga kita, apalagi saat ini hampir semua komponen yang berada dalam kehidupan sehari-hari kita pun memiliki kaitan dengan perkembangan Internet dan New Media ini.


pic by : http://itsyouforme.deviantart.com/


  Dalam post kali ini saya akan menjelaskan tentang perkembangan Internet dan New Media yang tentunya sudah menjadi hal yang sangat akrab di telinga   Pertama, saya akan menjelaskan tentang sejarah perkembangan internet yang sudah berkembang pesat hingga saat ini. Asal mulanya internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

  Sejarah internet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah computer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET.



  Actor Michael Caine plays the cockney spy Harry Palmer in the 1967 
movie "Billion Dollar Brain." A Honeywell computer, like one that the UCLA team used to 
connect to  ARPANET, is the basis of a huge film set at Pinewood Studios.
Keystone/Getty Images




DEC PDP-10 DEC's PDP-10
computerhistory.org


  Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Dan internet ini pun berkembang pesat hingga tahun 1981 dan telah memiliki berbagai macam fungsi seperti video call, pengiriman E-mail dan lain-lain.

  Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.

  Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih. Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan.

  Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bias menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web. Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.



  Dari Perkembangan internet diatas kita bisa melihat betapa kompleks dan majunya perkembangan Internet hingga saat ini, tetapi internet masih memiliki sisi positif dan negatif yang akan dirasakan oleh penggunannya.
Mulai dari sisi positif yang dihasilkan yaitu :

- Komunikasi yang menjadi lebih mudah dan cepat.

- Penyebaran informasi yang luas dan lebih universal.

- Hiburan. media internet menjadi sarana hiburan karena banyak terdapat website yang bersifat menghibur. contohnya website game, sosial media dan lain-lain

Dan begitu pula sisi negatif yang dihasilkan oleh internet, yakni :

- Penyebaran Virus komputer oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

- Hacking. 

- Pencurian informasi penting yang dimiliki suatu individu, kelompok maupun banyak orang

- Spamming.

- Pornografi.

  Jadi itulah pembahasan tentang Perkembangan Internet, mulai dari sejarahnya, hingga sisi positif dan negatif yang ditimbulkan. 

  Selanjutnya tentang Perkembangan New Media. New Media adalah arti dari sebuah media baru, dimana media baru ini merupakan sebuah wadah dari perkembangan ilmu teknologi yang secara tidak langsung telah mempengaruhi budaya dan cara pendidikan di lingkungan masyarakat.Terhadap situasi ini banyak sekali contoh media-media baru dari media elektronik sampai ke media cetak. 


Media Cetak

Media Elektronik


  Perkembangan media ini pun memiliki sejarah yang cukup panjang dari mulai dari mulut dan sampai langsung dari pusat sampai ke kita itu berkat dari media-media baru yang bermunculan. Pada media elektronik pada zaman dimana belum adanya televisi semua orang mendapatkan berita-berita secara langsung melalui radio dan setelah adanya televisi masyarakan mulai meninggalkan radio dan pada zaman modern ini mulai perkekmbang dengan cepat adalah internet yaitu jaringan antar komputer yang mempunyai hubungan langasung satu komputer ke komputer lain di dunia yang mempunya alamat internet masing-masing yang dinamai web. 

  Dampak dari new media yang telah di sebutkan tadi yaitu komputer dan internet, memiliki beberapa pengaruh positiv dan negatif

Pengaruh Positif

Pengaruh positif dari komputer yaitu :

- dapat mempermudah suatu pekerjaan manusia dengan cepat dan hasil yang didapat sangat bagus selain itu perkembangan komputer telah membuat manusia sangan bergantung pada komputer, 

 Pengaruh positif dari internet :

- Di bidang budaya maupun pendidikan misalkan saja pada budaya internet menjadi sbuah wadah untuk memperkenalkan budaya-budaya masing-masing daerah maupun negara melalui media internet dan menjadi jembatan secara tidak langsung dari satu orang di negara lain ke negara lain dan menjadi sebuah dunia baru yang sering kita sebut dengan dunia maya.



Pengaruh Negatif

Pengaruh negativ dari sebuah komputer dan internet yaitu :

- Kebiasaan yang banyak berubah karena kemudahan tersebut

- Kebudayaan interaksi yang juga bisa didapat dalam internet, contohnya banyak memberikan dampak social yang diakibatkan karena hubungan social tersebut dapat dilakukan tanpa tatap muka,pergeseran budaya lainnya, sehingga menjadi tidak dapat berkomunikasi dengan lancar secara real.



  Begitulah sisi positif dan negatif yang dihasilkan oleh new media ini yang jika dilihat hampir memiliki kesinambungan yang sama dengan perkembangan internet seperti yang telah dijelaskan diatas, tetapi pola hidup dan kebiasaan yang berubah ini sebenarnya bukanlah hal yang harus dikhawatirkan selama para pengguna internet dapat bijaksana menggunakannya sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan. Terhadap suatu komputer pun kurang lebih sama dengan internet karena internet adalah perkembangan dari sebuah komputer yaitu hilangnya sbuah interaksi manusia terhadap manusia lain. Sekian Post kali ini semoga bisa menambah ilmu dan pengetahuan anda, terima kasih.





Sumber:
http://www.terindikasi.com/2012/04/sejarah-perkembangan-internet-dunia.html#ixzz28FmmzwSA
http://diazjr007.blogspot.com/2011/11/perkembangan-new-media.html
https://www.google.co.id




1 komentar:

Posting Komentar